Strongest distribution network

Meramu obat

pengurai

kemacetan

Kemacetan yang kian menggila membuat warga Jakarta dan sekitarnya harus mwemutar otak agar bisa mengarungi kemacetan dan melakukan aktivitas tepat waktu. Ada yang bela-belain pergi dari rumah subuh-subuh, dan pulang lebih malam. Ada pula yang meninggalkan kendaraan roda empatnya di tengah jalan, lalu beraktivitas dengan kendaraan roda dua. Namun, trik semacam ini tak pernah bisa secara tuntas menyelesaikan masalah akibat kemacetan yang makin lama semakin parah.

Hanya ada satu jawaban untuk bisa menyelesaikan masalah kemacetan: transportasi umum! Sayangnya walau negeri ini sudah merdeka tujuh puluh tahun, penataan kota dan sistem transportasi masih tertinggal jauh. Kini pemerintah berupa keras menata dan membangun sistem transportasi yang baik dan terpadu.



Perbandingan pertumbuhan kendaraan pribadi dan jalan di DKI Jakarta

Pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus berjuang membuat terobosan dan lompatan untuk menata transportasi umum di Jakarta dan sekitarnya. Saat ini pemerintah mengandalkan dua jaringan besar angkutan umum, yaitu KRL dan Busway. Dalam waktu dekat akan ada 2 jaringan besar lagi yang diharapkan akan bisa membantu mengurai benang kusut kemacetan, yaitu MRT dan LRT.

Pilihan transportasi ibukota

Berbagai pilihan transportasi yang ada di ibukota

trans

Busway

Busway mulai beroperasi Januari 2004 dan sempat menimbulkan banyak kontroversi di awal operasinya. Saat ini Transjakarta memiliki 12 rute di dalam kota. Namun sayangnya, sejauh ini busway masih sukar diandalkan ketepatan waktunya. Pasalnya, laju bus sering terhalang kendaraan pribadi yang nakal menerobos jalur busway.

MRT

Mass Rapid Transit

Proyek MRT yang membelah jalan protokol Ibukota dari selatan ke utara ini lama diperdebatkan. Akhirnya, PT MRT Jakarta resmi beroperasi di tahun 2008. BUMD ini mendapatkan pinjaman dan bantuan teknis dari JBIC (Japan Bank for International Corporation).

KRL

Kereta Listrik

PT KAI Commuter Jabodetabek bukan angkutan umum baru. Sayangnya KRL sempat lama tidak dikelola dengan optimal. Sampai revolusi besar dilakukan PT KAI di sekitar tahun 2013 dan membuat KRL jadi angkutan yang makin banyak digemari orang.

LRT

Light Rail Transit

LRT menjadi alternatif transportasi umum berbasis rel yang paling lincah. LRT tidak membutuhkan jalur rel yang terlalu besar dan dibangun melayang di atas. Rencananya LRT ini juga akan terintegrasi dengan jaringan KRL dan Busway. Untuk tahap awal Pemprov DKI Jakarta akan membangun 7 koridor. Sementara pemerintah pusat akan membangun koridor lain yang menghubungkan Jakarta-Bogor dan Jakarta-Bekasi.

Map Transportasi Ibukota

    * Moda transportasi MRT & LRT masih dalam tahap pembangunan.