Pemilu 2014 dalam Angka


DEMOGRAFI INDONESIA

Populasi penduduk menjadikan Indonesia negara berpenduduk ke-4 terbesar dunia. Di sisi positif, ada potensi bonus demografi yaitu komposisi penduduk usia produktif mencapai maksimum. Sementara di sisi lain banyak yang khawatir dengan besarnya angka kemiskinan, pengangguran dan membesarnya ketimpangan perekonomian Indonesia.

POPULASI
Tahun 2014

252

Juta Orang

PENGANGGURAN
Februari 2014

7

Juta Orang
5.7% dari angkatan kerja

KEMISKINAN
Maret 2014

28

Juta Orang
11.25% dari Penduduk

Warisan untuk Pemerintah Baru


Persaingan yang ketat dan keras dalam kampanye Pemilu 2014 membuat banyak politisi dari partai-partai pendukung Prabowo-Hatta memilih menjadi oposisi Jokowi. Komposisi parpol pendukung pemerintah yang mini di legislatif, tentulah akan membuat kabinet pemerintah terpilih harus lebih banyak bekerja keras untuk bisa menjalankan berbagai program pembangunan yang dijanjikan. pemilihnya.
Ada banyak bom waktu yang harus diselesaikan pemerintah mendatang, berkat warisan pemerintahan sebelumnya. Mulai dari tipisnya anggaran belanja pemerintah, macetnya berbagai proyek infrastruktur pemerintah, ancaman krisis energi, sampai perubahan sistem politik dan pemerintahan.
Berikut ini warisan untuk pemerintah baru republik ini:

PEREKONOMIAN

Pemerintah seringkali dianggap hanya salah satu faktor yang menentukan gerak roda perekonomian sebuah negara. Tapi pemerintahan yang baik bisa melecut pertumbuhan dan pergerakan ekonomi yang sehat di sebuah negara. Anggaran belanja pemerintah yang efisien akan jadi pengungkit pertumbuhan ekonomi dengan inflasi rendah sehingga neraca transaksi berjalan (perdagangan barang dan jasa) pun akan surplus.

UTANG

Utang luar negeri yang besar dan tidak terkendali pernah menjadi bencana untuk negeri ini. Pemerintah harus bisa mengelola utang dengan baik supaya tidak meninggalkan bencana berikutnya di masa mendatang.

FINANSIAL

Pasar finansial selalu dianggap sebagai indikator yang memprediksi harapan terhadap perekonomian sebuah negara. Indeks di pasar modal, kurs nilai tukar rupiah, dan suku bunga acuan selalu jadi indikator utama investor asing mau membenamkan dananya di dalam instrumen investasi negeri ini.

ENERGI DAN INFRASTRUKTUR

Dalam satu dekade terakhir pemerintah banyak dikritik tidak banyak melakukan pembangunan infrastruktur. Tecermin dari rendahnya anggaran belanja modal pemerintah. Pada akhirnya infrastruktur yang parah mempengaruhi pendapatan pemerintah dan membengkaknya ongkos ekonomi.

SUMBER DATA
ABOUT US
EDITORIAL
Djumyati Partawidjaja
DATA
Immanuel Alexander & Sigit Kuncoro
GRAFIS
Aris Dwi Sulistiawan